Inilah Cara Menggunakan Nebulizer Yang Rekomendasi

Posted on

Gangguan pernafasan yang paling banyak ditemui mulai dari penyakit paru hingga asma. Kesulitan bernafas ini tentunya membutuhkan bantuan medis agar bisa ditangani dengan tepat. Penggunaan alat seperti Nebulizer juga bisa dilakukan untuk menangani berbagai masalah tentang pernafasan. Alat hirup ini tentunya memiliki cara pengunaan tersendiri yang tidak semua orang tahu. Untuk mengetahui Cara Menggunakan Nebulizer, simak ulasan berikut.

Langkah Menggunakan Alat Hirup Untuk Gangguan Pernafasan

Cara Menggunakan Nebulizer Yang Benar - iwillreadbooks.com
Cara Menggunakan Nebulizer Yang Benar

1. Mengenal Tipenya

Nebulizer ini tentunya memiliki jenis dan juga model yang berbeda meskipun memiliki fungsi yang sama. Tiga jenis yang paling banyak ditemui adalah ultrasonic, mesh dan compressor. Ketiga jelas memiliki perbedaan baik dari ukuran obat, portabilitas dan lain sebagainya. Seperti misalnya tipe ultrasonik yang menghasilkan getaran dengan frekuensi yang tinggi untuk mengubah obat cairjadi uap yang nantinya akan dihirup.

Tipe ultrasonic mudah dibawa kemana mana dengan lebih cepat menghasilkan uap. Biasanya menggunakan baterai atau juga ada yang menggunakan listrik. Untuk tipe mest menggunakan gelombak ultrasonik yang membuat obat cair bisa melewati lubang mesh dengan tetesan uap yang sangat halus. Alat ini juga mudah untuk dibawa kemana mana dan menggunakan baterai. Hal ini tentu harus diketahui sebelum tahu cara menggunakan nebulizer.

Tipe compresor merupakan tipe yang bekerja dengan mengalirkan gas yang memiliki tekanan. Kecepatannya juga tinggi melalui obat cair yang nantinya akan diubah menjadi bentuk uap. Sekali pengobatan tipe ini mmebutuhkan sekitar 8 hingga 20 menitan. Alat ini terbilang yang paling murah dan juga bisa digunakan untuk anak anak. Setiap tipe harus dikenali kelebihan dan juga kekurangan agar bisa menemukan yang paling pas.

2. Langkah Menggunakan Alat Hirup

Langkah awal yang harus dilakukan adalah mencuci tangan dengan sabun dan menggunakan air yang mengalir. Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya kuman yang nantinya ikut masuk ke dalam paru paru dari tangan ke nebulizer. Barulah ketika tangan sudah bersih bisa melanjutkkan pada langkah yang selanjutnya yakni menyiapkan obat yang akan digunakan. Cara menggunakan nebulizer dengan menaruh obat yang telah dicampur ke dalam wadah obatnya.

Baca Juga :  Berikut Cara Menggunakan Defibrillator Alat Pacu Jantung

Jika obat belum tercampur maka bisa memasukkan satu per satu dengann menggunakan alat suntik atau pipet. Kemudian silahkan menambahkan cairan saline apabila diperlukan dan juga telah diresepkan oleh dokter. Apabila obat sudah selesai, anda bisa langsung menghubungkan wadah obat dengan mesin dan juga masker pada bagian atas wadah. Lanjutkan dengan memasang masker di wajah hingga menutupi area hidung dan juga mulut.

Ketika pemasangan masker upayakan agar pinggiran masker tersegel pada wajah dengan baik. Hal ini untuk menghindarkan uap yang keluar dari sela sela masker. Selanjutnya hidupkan mesin dan tarik nafas dengan menggunakan hidung. Namun saat mengeluarkan dilakukan perlahan dari mulut. Jika tidak ada lagi uap yang keluar maka itu artinya obat sudah habis. Biasanya cara menggunakan nebulizer ini memakan waktu sekitar 15 hingga 20 menitan.

3. Cara Memilih Nebulizer

Untuk memilih yang paling tepat maka sebaiknya memperhatikan kelebihan kelebihan dari setiap tipe. Tak hanya itu, kemampuan setiap individu juga harus diperhatikan mengingat usia juga bisa mempengaruhinya. Nebulizer tersedia banyak merk dan juga tipe, jika kesulitan untuk memilihnya maka akan lebih baik mengikuti saran dari dokter. Hal ini tentunya lebih aman dan efektif.

Karena memiliki tipe yang beragam, umumnya dokter akan menyarankan alat hirup apa yang cocok. Meskipun demikian bukan berarti tidak bisa memilih sendiri sesuai dengan ukuran, kelebihan dan juga merknya. Sementara untuk penggunaannya memang akan lebih rumit jika tidak terbiasa. Namun lama kelamaan pastinya akan mudah. Sebaiknya pengguna juga harus memperhatikan kebersihan agar kuman tidak masuk melalui alat hirup ini.

Terimakasih Anda masih setia berkunjung di situs ini, semoga artikel yang kami berikan untuk Anda. Dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan kesehatan khususnya dibidang alat medis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *