cara menggunakan tensimeter manual

Cara Mudah Menggunakan Tensimeter Manual (Aneroid)

Posted on

Tensimeter merupakan alat kesehatan yang digunakan untuk mengukur tekanan darah. Dahulu, ketika orang ingin mengetahui tekanan darah, mereka harus pergi ke dokter, klinik atau rumah sakit. Karena disana kita bisa melakukan pengecekan tekanan darah. Namun seiring berkembangnya teknologi, tidak lagi demikian. Orang yang kebetulan memiliki penyakit tekanan darah tinggi telah membeli alat ukur tekanan darah sendiri untuk digunakan di rumah.

Bagaimana dengan anda ? Apakah anda ragu untuk memebeli karena tidak mengerti cara menggunakannya ? Apabila demikian, kali ini kita akan berbagai langkah – langkah atau cara menggunakan tensimeter manual dengan mudah. Bahkan anda bisa menggunakannya untuk mengukur diri anda sendiri. Berikut pembahasan selengkapnya :

Langkah – Langkah Menggunakan Tensimeter Manual

Sebelum memulainya, sudahkah anda menyiapkan tensi manual di rumah untuk belajar ? Kalau belum, anda bisa beli di Fulki Hasya, distributor alat kesehatan, toko alat kesehatan online yang menjual hampir seluruh kebutuhan peralatan kesehatan untuk rumah sakit, klinik, kebidanan, kedokteran dan juga untuk kebutuhan pribadi. Baik kita mulai tutorialnya.

  • Langkah pertama, pasanglah manset tensimeter dengan benar
  • Anda bisa ikuti panduan yang terdapat pada manset, hampir seluruhnya terdapat gambar cara penggunaan yang benar.
  • Selanjutnya, ambil stetoskop dan kenakan di telinga anda. Alat ini digunakan untuk mempermudah anda dalam pendeteksian denyut nadi
  • Letakkan kepala stetoskop pada lengan bagian dalam diatas lekukan siku dalam. Selipkan saja pada manset agar tidak lepas.
  • Posisikan jarum manometer (penunjuk tekanan) di tempat yang mudah anda melihat dan memantaunya.
  • Pegang bola tensi dengan tangan kanan anda dan tutup katup pelepas tekanan dengan cara memutarnya.
  • Rasakan denyut nadi yang anda dengar melalui stetoskop. Pompa manset hingga anda tidak mendengar suara denyut nadi tersebut
  • Kemudian perlahan putar katup pelepas tekanan sedikit, hingga udara keluar secara perlahan.
  • Pada saat ini perhatikan terus jarum manometer.
  • Anda akan mendengar denyut nadi keras untuk pertmaa kali setelah manset anda kempeskan. Itulah tekanan Sistolik
  • Kemudian suara itu akan menghilang perlahan – lahan. Catat tekanan saat anda sudah tidak lagi mendengar denyut nadi tersebut. Inilah tekanan Diastolik

Anda bisa mengulanginya beberapa kali dan terus berlatih agar bisa menggunakannya dengan lebih mudah dan trampil. Nah, itulah sedikit ulasan, pembahasan tentang bagaimana cara menggunakan tensimeter manual. Sekian, semoga bisa bermanfaat untuk anda sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *