apa itu fetal doppler dan fungsinya

Apa Itu Fetal Doppler Dan Fungsinya ? Simak Disini

Posted on

Fetal Doppler Terbaik

Fetal Doppler Adalah alat bantu yang aman untuk mengetahui serta mendengar detak jantung dari janin yang tak kalah canggih dengan alat lainnya. Masa kehamilan tentunya menjadi masa masa yang indah bagi seorang ibu. Dan ingin mengetahui perkembangan janin tentunya hampir dirasakan oleh semua orang tua. Untuk memantau kondisi janin saat ini memang ada beberapa alat canggih, mulai dari USG hingga Fetal Doppler. Lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Mengenal Apa Itu Fetal Doppler dan Cara Kerjanya

Apa itu fetal doppler dan fungsinya -  iwillreadbooks.com
Fetal doppler

1. Sekilas Tentang Fetal Doppler

Istilah fetal doppler mungkin memang belum banyak dikenal oleh masyarakat secara luas. Beberapa orang memang menyebutnya baby doppler atau doppler USG. Dimana alat ini bisa di genggam dengan ultrasound portable yang membuat seseorang bisa mendengarkan detak janin di dalam kandunagn. Alat ini umumnya digunakan oleh dokter maupun bidan untuk mendeteksi detak jantung dan juga menghitungnya.

Alat ini bisa digunakan untuk usia kandungan yang sudah mencapai 10 minggu maupun lebih. Dengan alat ini anda sudah bisa mendengar denyut jantung dengan baik. Untuk seberapa cepat bisa mengetahui detak jantungnya dipengaruhi oleh beberapa hal. Mulai dari posisi janin, berat badan sang ibu dan juga keakuratan hari perkiraan lahirnya. Selain bisa mendengar detak jantung fungsi doppler adalah keadaan aliran darah pada pembulug arteri.

Tak hanya itu, alat ini juga bisa mengetahui adanya kesehatan pada aliran darah si kecil yang masih berada di dalam perut. Sehingga bisa memantau perkembangan dari janin dengan mudah. Selain itu doppler juga memiliki fungsi untuk melihat adanya gumpalan pada pembuluh darah yang bisa menghambat organ vital. Beberapa penyakit juga bisa dideteksi dengan alat ini mulai dari jantung bawan hingga tumor yang ada di pembuluh darah.

Baca Juga :  Fungsi Utama Autoclave & Cara Penggunaan Yang Benar

2. Cara Kerja Doppler

Alat satu ini memang terbilang kecil dan mudah di bawa kemana mana namun memiliki prinsip kerja yang terbilang baik. Hanya dengan alat ini sudah bisa mendeteksi dan juga menghitung detak jantung pada janin yang masih di dalam kandungan. Alat ini meradiasi gelombang ultrasonik dan juga organ bergerak seperti aliran darah maupun hati. Bahkan alat ini banyak digunakan untuk mendeteksi aliran dengan cara kerja fetal doppler yang dimiliki.

Sinyal ultrasonik nantinya akan diinteprestasikan pada setiap perubahan yang terjadi. Doppler bisa mengirimkan serta menerima gelombang suara yang memantul pada detak jantung janin. Gelombang tersebut kemudian akan diproses dan juga volumenya diperbesar sehingga bisa mendengar detak jantung. Alat ini akan secara otomatis mengukur dan juga menghitung denyut jantung bayi menggunakan teknologi mikroprosesor.

3. Cara Menggunakan

Alat satu ini sangat mudah digunakan bahkan bisa digunakan secara pribadi. Meskipun demikian ada baiknya jika tetap didampingi oleh ahlinya untuk bisa menyimpulkan pemeriksaan. Langkah pertama untuk menggunakannya adalah dengan mengambil probe dan menekan tombol power. Probe kemudian dioleskan gel dan ditempelkan pada perut ibu tepat di punggung janin. cara menggunakan fetal doppler ini kemudian digeser hingga mendengar bunyi jantung.

Kemudian untuk mengetahui jumlah dari denyut jantung bisa dilihat melalui tampilan pada layar yang ada di display doppler. Volume pada doppler juga bisa ditingkatkan agar bisa mendengar lebih jelas. Alat canggih ini memang memiliki banyak fungsi terutama untuk para ibu hamil. Dengan mengetahui detak jantungnya maka bisa melihat bagaimana perkembangan dari si kecil yang masih berada di dalam perut yang akan terus bertumbuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *