Fungsi Utama Autoclave & Cara Penggunaan Yang Benar

Posted on

Fungsi Autoclave yang utama ialah untuk mensterilisasikan peralatan / perlengkapan medis, sehingga benar-benar bersih kondisinya. Autoklaf ini biasanya sering dijumpai pada rumah sakit khususnya pada ruangan tertentu seperti : IGD & UGD.

Yang dimana ruangan tersebut sering adanya aktifitas dan menggunakan alat medis yang berbagai macam jenisnya. Oleh sebab itu fungsi alat autoclave ini dibutuhkan agar perlengkapan alat medis tersebut dapat di sterilkan dengan cepat. Lalu bagaimana cara penggunaan dari autoklaf, dapat Anda simak berikut ini :

Cara Penggunaan Autoclave Yang Benar

Fungsi & Cara Penggunaan Autoclave

  1. Sebaiknya Anda cek terlebih dahulu volume air yang ada didalam autoklaf tersebut, dan pastikan ketinggian air harus pada batas yang sudah ditentukan. Disarankan menggunakan air hasil destilasi, guna menghindari terjadinya kerak / karat.
  2. Langkah selanjutnya masukan seluruh peralatan & bahan, dan pastikan semua dari bagian alat medis yang akan disterilisasi terkena air. Khususnya pada botol bertutup ulir, lalu dikendorkan tutupnya supaya air dapat masuk.
  3. Tutuplah autoclave dengan kencang hingga rapat supaya uap tidak keluar, lalu klep pengaman autoklaf jangan dikencangkan dahulu.
  4. Kemudian, nyalakan autoclave. Atur waktu minimal durasi 15 menit dengan temperatur suhu sekitar 121 derajat celcius.
  5. Tunggu hingga air sampai benar-benar mendidih, untuk terjadinya uap yang memenuhi kompartemen autoclave dan terdesak keluar dari klep pengaman. Kencangkan klep pengaman hingga selesai. Durasi waktu yang ditentukan 15 menit dihitung mulai saat tekanan mencapai 2 atm.
  6. Apabila alarm berbunyi,berarti tanda sudah selesai proses sterilisasinya. Tunggu sampai tekanan yang berada di dalam kompartemen menurun sehingga tekanannya sama dengan udara di lingkungan.
  7. Langkah yang terakhir ialah angkat secara hati-hati isi autoclavenya.
Baca Juga :  Apa Itu Fetal Doppler Dan Fungsinya ? Simak Disini

Proses sterilisasi dengan memakai mesin ini cuma memakan waktu kurang lebih 8- 12 menit. Kelebihan lain yang bisa Kalian dapat ialah kebersihan botol yang bisa bertahan sampai 6 jam semasih botol tersebut ditaruh di dalam mesin ataupun wadah steril yang tertutup.

Dengan waktu yang lebih lama. Dalam sterilisasi aquadest serta media, sehabis waktu sterilisasi yang di idamkan telah tercapai, autoklaf tidak boleh diturunkan tekanannya secara tiba- tiba. Apabila tekanan diturunkan tiba- tiba, cairan didalamnya mendidih serta meluap (bubbled up).

Autoklaf ialah perlengkapan yang diketahui untuk sterilisasi perlengkapan kedokteran serta sains ataupun bahan- bahan pembuatan media. Perlengkapan ini dibuat dari baja tebal umumnya berlapis stainless steel alias galvanis.

Anda berminat untuk membeli dan menggunakan alat ini untuk keperluan alat medis di rumah sakit atau klinik. Tenang, karena kami akan memberikan refrensi tempat yang menjual khusus alat kesehatan dan medis lainnya kepada Anda. Distributor Alat Kesehatan Glorya Medica, kenapa harus beli di glorya. Karena Glorya Medica merupakan salah satu supplier alat kesehatan terpercaya dan resmi di Indonesia.

Mungkin sekian dahulu yang dapat kami berikan kepada Anda terkait, Fungsi & Cara Penggunaan Autoclave yang benar versi iwillreadbooks Semoga ulasan singkat ini dapat menambah pengetahuan kepada Anda semua, tetap simak website ini, karena kami akan selalu menghadirkan konten yang lebih fresh dan uptodate.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *