Kenali 2 Gangguan Irama Jantung & Cara Mencegah

Posted on

Gangguan Irama Jantung – Seperti yang kita ketahui, jantung merupakan organ vital pada tubuh manusia. Untuk itulah sangat dibutuhkan menjaga kondisi jantung agar tetap sehat. Karena gangguan pada organ ini sangat banyak dan tentunya berbahaya. Seperti misalnya pada gangguan Fibrilasi Ventrikel yang merupakan gangguan irama pada jantung. Dimana gangguan ini bisa menyebabkan hilang nyawa secara mendadak. Untuk lebih lanjut silahkan simak ulasan berikut ini.

Mengenali Salah Satu Gangguan Pada Jantung

Gangguan Fibrilasi Ventrikel - iwillreadbooks.com
Gangguan Fibrilasi Ventrikel

1. Apa Itu Ventricular Fibrillation

Gangguan Irama pada jantung ini merupakan keadaan dimana bilik jantung yang semestinya berdenyut tapi hanya bergetar ketika terjadi Gangguan Ventrikel Fibrilasi. Gangguan ini disebabkan lantaran ada gangguan aliran listrik di jantung yang membuat jantung tidak bisa memompa darah ke semua tubuh. Sehingga membuat pasokan darah yang membawa oksigen maupun nutrisi terhenti. Jika tidak mendapatkan penanganan bisa menyebabkan kematian.

2. Gejala Gangguan Irama Jantung

Umumnya yang mengalami gangguan ini adalah orang dewasa dengan usia 45 hingga 75 tahun. Gangguan irama jantung ini kerap dijumpai ketika serangan jantung muncul yang bisa menyebabkan kematian mendadak. Untuk gejala utama dari gangguan ini adalah kesadaran yang menurun. Tak hanya itu, penderita juga akan megap megap atau kesulitan bernafas bahkan bisa berhenti bernafas. Yang membuat penderita fibrilasi ventrikel kesadarannya menurun.

Sebelum hal tersebut terjadi sebenarnya ada gejala lain yang mengawalinya. Gejala tersebut berupa mual, nyeri dada, pusing dan juga jantung berdebar. Ketika mengalami hal tersebut, penderita sebaiknya segela meminta bantuan atau menghubungi pihak kesehatan. Sehingga bisa langsung mendapat penanganan. Mengingat gangguan pada jantung ini bisa menyebabkan kematian jika tidak ada penanganan yang tepat akan gangguan irama jantung ini.

3. Penyebab Gangguan Irama Jantung

Pastinya ada yang menyebabkan kondisi ini terjadi dan hal tersebut disebabkan oleh berbagai hal. Mulai dari penyakit jantung bawaan, serangan jantung, adanya penyakit otot pada jantung hingga penyalahgunaan NAPZA. NAPZA yang disalahgunakan terutama adalah kokain. Tak hanya gangguan ini juga bisa disebabkan karena sengatan listrik. Fibrilasi Ventrikel ini juga bisa disebabkan oleh adanya  gangguan pada keseimbangan elektrolit tubuh.

Baca Juga :  Berikut Cara Menggunakan Defibrillator Alat Pacu Jantung

4. Pengobatan Gangguan Irama Jantung

Untuk mengetahui apakah ada gangguan pada jantung tentunya pasien harus menjalani beberapa tes. Mulai dari tes darah, rontgen, hingga CT Scan barulah setelah itu mengenai kondisi jantungnya. Pengobatan secara darurat biasanya fokus untuk menjaga agar darah bisa tetap mengalir ke seluruh tubuh. Penanganannya bisa dengan CPR dengan memompa jantung dari luar. Selain itu juga bisa menggunakan alat kejut jantung.

Setelah penanganan utama dilakukan, dokter nantinya akan memberikan pertolongan dengan menggunakan obat obatan pengatur irama jantung. Sementara untuk seranagn jantung bisa dengan cara memasang ring pada jantung. Penyakit jantung koroner bisa ditangani dengan operasi bypass jantung. Pengobatan yang selanjutnya untuk menangani gangguan ini juga bisa dengan pemasangan implan atau ICD.

5. Cara Mencegah

Tentunya untuk menghindarkan jantung dari fibrilasi ventrikel bisa dilakukan. Langkah yang paling awal dengan cara menerapkan pola makan yang sehat dengan gizi yang seimbang. Selain itu juga bisa dilakukan dengan berhenti dari kebiasaan buruk seperti merokok. Menjaga berat badan ideal juga perlu dilakukan agar jantung tetap sehat. Jangan lupa untuk rajin olahraga selama 30 menit setiap harinya.

Gangguan yang ada pada jantung apapun bentuknya menjadi penyakit yang paling banyak menyebabkan kematian. Karena jantung yang tidak lagi berdetak berarti sudah tidak ada kehidupan lagi. Meskipun tak jarang jantung henti detak masih bisa diselamatkan. Namun tidak sedikit pula yang meninggal secara mendadak karena ada masalah dengan jantungnya. Untuk itu alangkah baiknya jika mencegah sebelum jantung tak sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *