5 Perbedaan AED & Defibrilator Yang Wajib Diketahui

Posted on

Anda tentunya pernah mendengar yang namanya alat kejut jantung bukan? Dimana alat alat medis ini digunakan untuk pasien yang mengalami masalah dengan jantungnya. Alat kejut jantung di dunia medis dikenal dengan nama AED atau Defibrillator. Keduanya memiliki fungsi yang sama hanya saja jika diperhatikan lebih detail ada perbedaannya. Untuk mengetahui 5 Perbedaan AED dan Defibrilator yuk simak ulasan berikut.

Perbedaan Alat Kejut Jantung Yang Benar

Perbedaan AED & Defibrillator
Defibrillator

1. Pemberian Energi

AED merupakan kepanjangan dari Automated External Defibrillator yang artinya juga merupakan sebuah perangkat untuk mmberikan sengatan listrik dari dada ke jantung. Yang membuatnya berbeda dengan Defibrillator yang juga merupakan adanya alat kejut adalah pemberian energinya. Jika Defibrillator pengguna alat yang akan menentukan jumlah besaran energi, maka AED akan otomatis menentukan jumlah besaran energi.

Hal ini dikarenakan AED merupakan defibrillator otomatis yang bisa langsung menganilisa ritma jantung pasien. Sementara Defibrillator harus memberikan energi atau tekanan dengan besaran tertentu. Umumnya mulai dari 50 hingga 400 joules setiap kali tekanan. Tekanan ini tentunya akan diberikan berdasarkan kondisi pasien, dan bisa ditambahkan. Perbedaan AED dan Defibrillator yang pertama terletak pada pemberian energi atau tekanannya.

2. Perbedaan Adanya Monitor

Pada AED anda tidak akan menemukan adanya monitor. Berbeda dengan Defrillator yang menggunakan monitor untuk penggunaan alatnya. Sehingga biasanya AED akan bisa ditemukan di tmepat tempat umum. Sementara untuk defibrillator hanya bisa ditemukan di rumah sakit dan tidak diperjual belikan dengan bebas. Jika tidak menggunakan monitor biasanya AED akan diperjelas dengan petunjuk berupa gambar.

3. Berbeda Bentuk

Tentunya hal ini yang paling mudah untuk membedakan kedua alat kejut jantung ini karena memang dari segi bentuk akan berbeda. AED memiliki bentuk yang lebih kecil karena memang tidak memiliki monitor. Inilah yang membuat AED lebih mudah untuk di bawa kemana mana. Sehingga wajar jika AED lebih mudah untuk ditemui di tempat tempat umum. Melihat dari bentuk akan mudah memahami perbedaan AED dan Defibrilator.

Baca Juga :  Kenali 2 Gangguan Irama Jantung & Cara Mencegah

Untuk Defibrillator memiliki ukuran yang lebih besar dan tidak digunakan untuk keperluan mobile. Karena alat ini juga memiliki monitor yang digunakan untuk memantau kondisi alat dan juga pasien. Untuk itulah dibutuhkan tenaga khusus untuk bisa membaca apa yang tertera pada monitor. Akan sangat berbahaya jika prosedur alat ini tidak dipatuhi mengingat energi yang dikeluarkan nantinya sangat besar dan langsung pada pasien.

4. Pengunaannya

Pengunaannya jelas berbeda meskipun memiliki fungsi yang sama. AED bisa dikatakan lebih praktis cara penggunaannya. Dan ada petunjuk yang biasanya juga dilengkapi dengan gambar. AED tidak ada menu untuk setting energi secara manual sementara Defibrillator bisa disetting dengan fungsi AED yakni dengan mode otomatis. Pengunaan Defibrillator juga terbilang lebih rumit dengan banyak prosedur yang harus ditaati.

5. Perbedaan Harga

Selain melihat dari bentuk dan pengunaannya, harga juga membedakan kedua alat kejut untuk jantung ini. Bisa dikatakan jika defibrillator memiliki harga yang lebih mahal jika dibandengkan dengan AED. Sebab Defibrillator memiliki komponen yang lebih lengkap meskipun memiliki fungsi yang sama. Perbedaan AED dan Defibrillator ini tentunya masuk akal dan AED memang lebih mudah untuk ditemukan di toko alat medis.

Kedua alat kejut ini tentunya bisa saja dianggap sama oleh masyarakat awam. Namun meskipun memiliki fungsi yang sama, ternyata memiliki perbedaan yang mendasar. Alat kejut jantung bernama Defibrillator lebih banyak ditemui di rumah sakit atau di ruang ICU dan UGD. Berbeda dengan AED yang bisa digunakan untuk mobile dan bisa ditemukan di berbagai tempat tanpa harus ke rumah sakit lebih dulu.

Tempat Rekomendasi Beli Defibrilator

Anda ingin memiliki alat pacu jantung ini untuk kebutuhan rumah sakit / klinik. Kebetulan kami mempunyai refrensi tempat yang terpercaya, yakni Glorya Medica. Glorya ialah salah satu supplier alat kesehatan resmi di Indonesia, menJual Defibrillator dengan harga menarik untuk Anda yang membaca artikel ini sampai akhir. Silahkan bisa kunjungi toko onlinenya dengan menggunakan keyword glorya medica.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *